Desain Brosur yang Unik dan Menarik
Ahmad
Zakaria
1IA26
/ Teknik Informatika
57415571
Jenis
Brosur
Brosur
merupakan salah satu bentuk media promosi yang sering banyak orang gunakan
untuk berbagai macam usaha. Dalam kegiatan marketing, brosur ditujukan untuk
mengenalkan tentang produk atau jasa yang ditawarkan sekaligus untuk
meningkatkan jumlah penjualan. Agar penggunaan brosur dalam kegiatan promosi
bisa lebih efektif, kita harus mengetahui berbagai macam jenis dan ukuran
brosur sehingga bisa menentukan brosur yang akan digunakan.
Jadi sebelum
kita melihat desain brosur yang menarik dan unik terlebih dahulu mengetahui berbagai
macam jenis dan ukuran brosur :
Trifold / Lipat 3
Brosur
lipat 3 merupakan salah satu jenis brosur yang sangat populer dan sering
digunakan, biasanya ukurannya A4 ( 21 x 29,7 cm ) yang kemudian dilipat 3,
sehingga mempunyai 6 halaman yang bolak – balik. Bagi Anda yang ingin
menampilkan banyak gambar atau pun materi yang banyak dan ingin dibagi
perhalaman, maka brosur lipat 3 cocok untuk kebutuhan anda . Untuk ukuran
ukuran dari brosur lipat 3 ini tidak hanya A4 namun bisa juga disesuaikan
dengan kebutuhan yang anda inginkan seperti A5.
Bifold / Lipat 2
Brosur
lipat 2 ini biasanya banyak menggunakan ukuran kertas A4 ( 21 x 29,7 ) yang
kemudian dilipat 2 sehingga mempunyai 4 Halaman bolak balik . Brosur ini cocok
untuk Anda yang ingin menampilkan gambar yang lebih besar.
Flyer / Tanpa Lipat
Untuk
brosur jenis ini tidak memiliki lipatan dan biasa disebut dengan flyer.
Ukuran yang paling banyak digunakan yaitu A4 , A5 ( 14,8 x 21 cm ) atau bisa
juga DL size ( 1/4 kertas kuarto ). Jenis brosur seperti ini lebih cocok bagi
anda yang mempunyai informasi singkat dan padat , namun jika ingin membuat
lebih banyak materi lain bisa menggunakan ukuran A4 ( 21 x 29,7 ).
Jenis dan ukuran
diatas merupakan jenis brosur yang paling banyak digunakan.
5 Desain Brosur yang
Unik dan Menarik
Brosur
merupakan media yang masih sangat relevan dan mumpuni guna membantu advertising
/ pemasaran bisnis produk ataupun jasa. Desain yang unik dan menarik akan
membuat brosur yang mewakili identitas dan daya jual produk / bisnis anda akan
tampil mudah dan cepat mendapat perhatian dari para calon customer.
Nah
berikut ini adalah 5 Desain Brosur yang Unik dan Menarik yang didesain oleh
beberapa desainer terkemuka.
01.
Altus
Ini adalah
sebuah brosur untuk pengembang real estate Altus
Grup dengan konsep pop-up yang dibuat oleh Andrew McPhee. Andrew McPhee
adalah seorang art director dari Vancouver.
Brosur ini adalah karyanya, sangat keren dengan perpaduan konsep pop-up dengan
kombinasi kertas bertekstur. Dibuat untuk pengembang real estate Altus Grup, brosur ini memiliki fitur
list berbentuk horizontal yang membuatnya unik sekaligus interaktif.
Keterangan dari Andrew McPhee pada website behance.net : “Dengan setiap pengembangan kondominium yang
menawarkan gaya hidup yang lebih baik atau rumah impianmu itu penting agar Altus berkomunikasi secara lebih
personal. Konsep ini berfokus pada menempatkan viewer dalam posisi untuk
membayangkan rumah mereka yang sempurna, tanpa gambaran untuk menutupi pikiran calon
pembeli. Sebagai pengganti fitur pop-up brosur ini untuk menguatkan yang
tinggal di Altus menempatkan anda di
atas segalanya. Kombinasi dari kertas bertekstur, pop-up dan daftar horizontal dari
berbagai bangunan dan fasilitas lingkungan mengarah ke sebuah brosur yang
benar-benar menampilkan keunikan Altus. ”
02.
Nick Cave : HEAVYWEIGHT/ALTERSKINS
Desainer grafis Allison Wilton pada brosur ini menampilkan konsep yang sangat stylish, tercetak pada kertas bertekstur tekstil kontemporer menjadikan media ini begitu mewah.
Keterangan
dari Alison Wilton pada website
behance.net : “Pembuatan brosur ini bekerja sama dengan Fosdick-Nelson Gallery
di kampus dan tekstil kontemporer dan artis pertunjukan Nick Cave, saya
mengkonsep dan merancang tiga brosur dan potongan surat langsung untuk
memperingati tempat kediamanya, kelas master dan pertunjukkan yang berlangsung
di School of Art & Design pada bulan Oktober 2008. Masing-masing dari tiga
brosur tersebut terdapat dalam folder lintas-besi yang terbuka untuk
mengungkapkan rincian manik-manik dan pola yang rumit dari potongan-potongan
Cave. Rinciannya dicetak dengan satu warna halftone berwarna abu-abu netral,
untuk menonjolkan kejernihan warna pada karya tekstilnya. “
03.
Ewaan Corporate Brochure
Adapun brosur di
atas didesain oleh desainer Arab Saudi
TBWA\RAAD Jeddah Omar Reda. Kalsik dan elegan dengan tata letak yang unik,
brosur ini ditujukan untuk perusahaan perumahan global, Ewaan.
Keterangan
dari Omar Reda pada website behance.net
: “Ewaan lebih dari sekadar perusahaan yang membangun proyek real estat. Ini
didedikasikan untuk keahlian yang terlibat dengan komunitas kehidupan yang
terinspirasi dari lingkungan di sekitar kita, sehingga memberikan perasaan
indah dan potensi tersembunyi, dan mendesak kita untuk mengembangkannya dengan
cara terbaik dan paling terhormat. “
04.
TVNZ – 7
Desainer grafis asal Melbourne, Thomas
Pavitte hadir dengan brosur lipat 3 berbentuk segi tiga cerdas. Ia ciptakan
desain ini ketika bekerja di TVNZ untuk
mempromosikan acara televisi di jaringan TVNZ
7. Di mana sisi cerdasnya? Brosur ini ketika dibuka maka akan membentuk
angka 7, yang merupakan logo TVNZ 7.
Cerdas dan keren bukan?
Dalam
website behance.net, Thomas Pavitte
berkata : “ Panduan
anda untuk TVNZ 7. Brosur lipat segitiga yang bagus yang sesuai dengan logo
TVNZ 7 saat dilipat dan juga serupa dengan animasi di media televisi.”
Desain ini
berjenis retro, dibuat untuk media promosi skuter merk Vespa. Dibuat dengan brilian oleh seorang desainer grafis dari
Norwegia, Espen Solli Grande.
Dibentuk dengan cantiknya brosur ini menyerupai elemen-elemen kepingan masa lalu
yang mewakili merk Vespa yang memang telah sekian lama mempioniri motor-motor
skutik.
Dalam
website behance.net, Espen Solli Grande
berkata : “ Ini adalah
brosur yang saya buat saat saya ikut sekolah. Sangat menyenangkan melakukannya,
dan pada saat ini, saya menemukan kemampuan cerdas dalam desain. Asumsinya
adalah membuat brosur untuk para veteran Vespa berkumpul. Satu-satunya hal yang
harus kami lakukan adalah menangkap semangat vespa, dan kurasa saya bisa
melakukannya. Ini semua di Norwegia jadi jangan repot-repot membaca :D Saya
juga memenangkan 1. harga dengan yang satu ini di Sterk Reklame, sebuah kompetisi desain besar di Norwegia. "
Pada cover terdapat tiket kopdar (berkumpul) yang dapat anda ambil.
Di dalam brosur .
Sumber:
https://wahyu33setiyanto.wordpress.com/2014/06/11/15/
https://www.behance.net/gallery/193657/Nick-Cave-HEAVYWEIGHT-ALTERSKINS
https://www.behance.net/gallery/193657/Nick-Cave-HEAVYWEIGHT-ALTERSKINS
https://www.behance.net/gallery/221131/Vespa-brochure
Komentar
Posting Komentar