Desain Brosur yang Unik dan Menarik


Ahmad Zakaria

1IA26 /  Teknik Informatika

57415571




Jenis Brosur

Brosur merupakan salah satu bentuk media promosi yang sering banyak orang gunakan untuk berbagai macam usaha. Dalam kegiatan marketing, brosur ditujukan untuk mengenalkan tentang produk atau jasa yang ditawarkan sekaligus untuk meningkatkan jumlah penjualan. Agar penggunaan brosur dalam kegiatan promosi bisa lebih efektif, kita harus mengetahui berbagai macam jenis dan ukuran brosur sehingga bisa menentukan brosur yang akan digunakan.

Jadi sebelum kita melihat desain brosur yang menarik dan unik terlebih dahulu mengetahui berbagai macam jenis dan ukuran brosur :


Trifold / Lipat 3


Brosur lipat 3 merupakan salah satu  jenis brosur yang sangat populer dan sering digunakan, biasanya ukurannya A4 ( 21 x 29,7 cm ) yang kemudian dilipat 3, sehingga mempunyai 6 halaman yang bolak – balik. Bagi Anda yang ingin menampilkan banyak gambar atau pun  materi yang banyak dan ingin dibagi perhalaman, maka brosur lipat 3 cocok untuk kebutuhan anda . Untuk ukuran ukuran dari brosur lipat 3 ini tidak hanya A4 namun bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan yang anda inginkan seperti A5.


            Bifold / Lipat 2

Brosur lipat 2 ini biasanya banyak menggunakan ukuran kertas A4 ( 21 x 29,7 ) yang kemudian dilipat 2 sehingga mempunyai 4 Halaman bolak balik . Brosur ini cocok untuk Anda yang ingin menampilkan gambar yang lebih besar.


            Flyer / Tanpa Lipat


Untuk brosur  jenis ini tidak memiliki lipatan dan biasa disebut dengan flyer. Ukuran yang paling banyak digunakan yaitu A4 , A5 ( 14,8 x 21 cm ) atau bisa juga DL size ( 1/4 kertas kuarto ). Jenis brosur seperti ini lebih cocok bagi anda yang mempunyai informasi singkat dan padat , namun jika ingin membuat lebih banyak materi lain bisa menggunakan ukuran A4 ( 21 x 29,7 ).

Jenis dan ukuran diatas merupakan jenis brosur yang paling banyak digunakan.


5 Desain Brosur yang Unik dan Menarik

Brosur merupakan media yang masih sangat relevan dan mumpuni guna membantu advertising / pemasaran bisnis produk ataupun jasa. Desain yang unik dan menarik akan membuat brosur yang mewakili identitas dan daya jual produk / bisnis anda akan tampil mudah dan cepat mendapat perhatian dari para calon customer.

Nah berikut ini adalah 5 Desain Brosur yang Unik dan Menarik yang didesain oleh beberapa desainer terkemuka.

01. Altus


Ini adalah sebuah brosur untuk pengembang real estate Altus Grup dengan konsep pop-up yang dibuat oleh Andrew McPhee. Andrew McPhee adalah seorang art director dari Vancouver. Brosur ini adalah karyanya, sangat keren dengan perpaduan konsep pop-up dengan kombinasi kertas bertekstur. Dibuat untuk pengembang real estate Altus Grup, brosur ini memiliki fitur list berbentuk horizontal yang membuatnya unik sekaligus interaktif.

Keterangan dari Andrew McPhee pada website behance.net : “Dengan setiap pengembangan kondominium yang menawarkan gaya hidup yang lebih baik atau rumah impianmu itu penting agar Altus berkomunikasi secara lebih personal. Konsep ini berfokus pada menempatkan viewer dalam posisi untuk membayangkan rumah mereka yang sempurna, tanpa gambaran untuk menutupi pikiran calon pembeli. Sebagai pengganti fitur pop-up brosur ini untuk menguatkan yang tinggal di Altus menempatkan anda di atas segalanya. Kombinasi dari kertas bertekstur, pop-up dan daftar horizontal dari berbagai bangunan dan fasilitas lingkungan mengarah ke sebuah brosur yang benar-benar menampilkan keunikan Altus.

 


02. Nick Cave : HEAVYWEIGHT/ALTERSKINS


Desainer grafis Allison Wilton pada brosur ini menampilkan konsep yang sangat stylish, tercetak pada kertas bertekstur tekstil kontemporer menjadikan media ini begitu mewah.




Keterangan dari  Alison Wilton pada website behance.net : “Pembuatan brosur ini bekerja sama dengan Fosdick-Nelson Gallery di kampus dan tekstil kontemporer dan artis pertunjukan Nick Cave, saya mengkonsep dan merancang tiga brosur dan potongan surat langsung untuk memperingati tempat kediamanya, kelas master dan pertunjukkan yang berlangsung di School of Art & Design pada bulan Oktober 2008. Masing-masing dari tiga brosur tersebut terdapat dalam folder lintas-besi yang terbuka untuk mengungkapkan rincian manik-manik dan pola yang rumit dari potongan-potongan Cave. Rinciannya dicetak dengan satu warna halftone berwarna abu-abu netral, untuk menonjolkan kejernihan warna pada karya tekstilnya. “



03. Ewaan Corporate Brochure


Adapun brosur di atas didesain oleh desainer Arab Saudi TBWA\RAAD Jeddah Omar Reda. Kalsik dan elegan dengan tata letak yang unik, brosur ini ditujukan untuk perusahaan perumahan global, Ewaan.


Keterangan dari  Omar Reda pada website behance.net : “Ewaan lebih dari sekadar perusahaan yang membangun proyek real estat. Ini didedikasikan untuk keahlian yang terlibat dengan komunitas kehidupan yang terinspirasi dari lingkungan di sekitar kita, sehingga memberikan perasaan indah dan potensi tersembunyi, dan mendesak kita untuk mengembangkannya dengan cara terbaik dan paling terhormat. “

 


04. TVNZ – 7


Desainer grafis asal Melbourne, Thomas Pavitte hadir dengan brosur lipat 3 berbentuk segi tiga cerdas. Ia ciptakan desain ini ketika bekerja di TVNZ untuk mempromosikan acara televisi di jaringan TVNZ 7. Di mana sisi cerdasnya? Brosur ini ketika dibuka maka akan membentuk angka 7, yang merupakan logo TVNZ 7. Cerdas dan keren bukan?

Dalam website behance.net, Thomas Pavitte berkata : “ Panduan anda untuk TVNZ 7. Brosur lipat segitiga yang bagus yang sesuai dengan logo TVNZ 7 saat dilipat dan juga serupa dengan animasi di media televisi.”









05. Vespa Brochure


Desain ini berjenis retro, dibuat untuk media promosi skuter merk Vespa. Dibuat dengan brilian oleh seorang desainer grafis dari Norwegia, Espen Solli Grande. Dibentuk dengan cantiknya brosur ini menyerupai elemen-elemen kepingan masa lalu yang mewakili merk Vespa yang memang telah sekian lama mempioniri motor-motor skutik.

Dalam website behance.net, Espen Solli Grande berkata : “ Ini adalah brosur yang saya buat saat saya ikut sekolah. Sangat menyenangkan melakukannya, dan pada saat ini, saya menemukan kemampuan cerdas dalam desain. Asumsinya adalah membuat brosur untuk para veteran Vespa berkumpul. Satu-satunya hal yang harus kami lakukan adalah menangkap semangat vespa, dan kurasa saya bisa melakukannya. Ini semua di Norwegia jadi jangan repot-repot membaca :D Saya juga memenangkan 1. harga dengan yang satu ini di Sterk Reklame, sebuah kompetisi desain besar di Norwegia. "


Pada cover terdapat tiket kopdar (berkumpul) yang dapat anda ambil.


Di dalam brosur .


Sumber:




https://www.behance.net/gallery/221131/Vespa-brochure



Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Foto Termahal di Dunia Sepanjang Sejarah

Tugas 1 Ilmu Budaya Dasar - Budaya